Cara Membuat Format Halaman Yang Berbeda Di Microsoft Word 2010

04:09


image


Ketika kita membuat suatu tugas baik itu makalah, skripsi, tesis, maupun tugas-tugas lainnya. Biasanya, kita akan direpotkan dengan bagian penomoran halaman. Misalnya saja pada bagian awal itu terdapat cover yang tidak memerlukan penomoran halaman. Lalu bagian kedua kata pengantar dan daftar isi dengan penomoran huruf romawi kecil, dan selanjutnya ketika memasuki BAB utama atau BAB I menggunakan penomoran angka biasa, dan biasanya untuk mempermudah pengerjaanya kita malah memisah-misahkan dokumen sesuai format penomorannya masing-masing, padahal ada cara yang lebih mudah agar kita bisa membuat format halaman yang berbeda-beda dalam satu file.


Cara yang saya sebutkan diatas tadi memang cukup merepotkan terutama bagi kamu yang belum mengerti tentang pemformatan halaman pada microsoft word. lalu bagaimana Caranya? berikut akan saya jelaskan secara rinci.



  • Pertama, buatlah terlebih dokumen-dokumen secara urut beserta isinya mulai dari halaman coverkata pengantardaftar isi, sampai kepada bab-bab isi hingga penutup.
  • Lalu posisikan kursor pada halaman pertama dan pilih Page Layout - Breaks - Next Page.
image

  • Maka otomatis kursormu akan dialihkan ke page yang kedua, jangan pindahkan kursor langsung saja ikuti perintah berikut Insert-Page Number-Format Page Number

image

  • Maka akan muncul jendela popup, isi persis seperti pada gambar di bawah ini.

image

  • Setelah kamu melakukan langkah diatas nomor pada halaman tidak akan langsung muncul, kamu perlu melakukan beberapa langkah lagi, sekarang klik Page Number, dan pilih posisi sesuai yang kamu inginkan.

image

  • Setelah itu nomor pada halaman akan muncul namun belum berbeda, artinya hanya ada satu format penomoran dengan angka biasa, sedangkan angka romawi belum ada, untuk memasukkannya ikuti langkah selanjutnya.
  • Kembalikan kursor ke halaman pertama dan pilih Insert-Page Number-Format Page Number.

image

  • Maka akan muncul lagi jendela popup, namun kali ini ganti format halaman dengan angka romawi seperti pada gambar berikut ini.

image

  • Untuk memunculkan angkanya maka sekali lagi klik Page Number, dan pilih posisi yang diinginkan

image

  • Maka angka halaman akan muncul dengan format yang berbeda.

Sekian tutorial tentang pemformatan halaman pada microsoft word, semoga kamu berhasil dengan mengikuti langkah-langkah diatas, jika ada yang kurang jelas jangan lupa tanyakan pada kolom komentar di bawah ini ya.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »