Shortcut dan Kode Android Penting Yang Perlu Kamu Ketahui

09:09

image

Memiliki smartphone android tentunya merupakan suatu kebanggaan tersendiri bagi para penggunanya, pasalnya android saat ini merupakan sistem operasi yang paling populer di masyarakat khususnya untuk kalangan kelas menengah kebawah karena selain pilihannya yang begitu banyak juga karena harganya yang bervariasi mulai dari yang murah di kisaran 1-2 jutaan sampai yang di atas 5 juta.

Namun, bagi kamu para pengguna smartphone android mungkin ada yang belum tau tentang variasi tombol-tombol penting atau lebih dikenal dengan shortcut untuk lebih memudahkan dalam penggunaan smartphone ini, nah di artikel kali ini saya akan menjelaskan tentang tombol apa saja yang sebaiknya kamu ketahui untuk diterapkan di ponsel androidmu. oke, berikut penjelasannya.

1. Aktifkan "OK" Google ( Google Assistant )

image

Foto : strukturkode.com

Fitur "OK" Google merupakan fitur yang hampir mirip dengan "Siri" milik IOS, bahkan mungkin sama dari segi fungsi dan penggunaan. Fitur "OK" Google bekerja setelah dapat perintah suara, dengan beberapa kalimat kamu dapat membuat google bekerja sebagai asisten virtualmu, keren bukan? Untuk mengaktifkan fitur ini yang perlu kamu lakukan hanyalah membuka aplikasi pencarian google kemudian pilih Setting -> Voice -> OK Google Detection -> Kembali ke Layar Opsi. Setelah itu ucapkan saja kata-kata ajaib sesuai yang kamu butuhkan.

2. Cara Mengambil Screenshot di Layar Android

image

Foto : howtogeek.com

Untuk shortcut yang ini sebenarnya setiap smartphone android memiliki cara yang berbeda-beda, disini saya hanya akan menjelaskan untuk beberapa merk ponsel android yang sering digunakan. Namun jika merk ponselmu tidak ada kamu bisa gunakan aplikasi pihak ke tiga di sini. Berikut caranya.
#1. Screenshot untuk Merk hp Android Samsung tipe galaxy
      Klik tombol power dan tombol home ( Power + Home ) secara bersamaan
      dan tahan 3 detik.
#2. Screenshot untuk merk hp Android Xiaomi, Lenovo, Dan Sony Xperia
      Klik tombol power dan volume bawah.

3. Cara Cepat Reset Android Seperti Semula

image

Foto : kachwanya.com

Biasanya ketika kamu merasa smartphone android kamu sudah terasa berat entah karena terlalu banyak aplikasi terinstall atau terlalu banyak file sampah yang tidak terdeteksi kamu akan melakukan reset data pabrik. Nah disini saya akan memberikan kode khusus untuk reset data pabrik tanpa perlu repot-repot untuk klik sana sini, dan dijamin ponsel androidmu akan terasa lancar seperti semula, kodenya adalah *#*#7780#*#*. Perlu diingat bahwa reset data pabrik akan menghapus semua data di ponsel android kamu kecuali yang kamu backup terlebih dahulu di sd card kamu. Aplikasi yang termasuk aplikasi sistem tidak akan terhapus.

4. Cara Cepat Melihat Informasi Ponsel dan Baterai

image

Foto : henpontop.com

Kode ini akan menampilkan 4 menu di layar android milikmu, seperti informasi baterai, informasi telepon, sejarah baterai, dan statistik penggunaan, kodenya adalah *#*#4636#*#*.

5. Kode Untuk Cek IMEI Android

image

Foto : awakawai.com

IMEI berfungsi untuk mengecek kelegalan smartphone android yang kita miliki, cara mengeceknya sangat mudah, kamu hanya perlu mengetik kode *#06# maka akan muncul 15 digit angkat yang merupakan IMEI smartphone android kamu. Catatlah IMEI tersebut dan cocokkan dengan IMEI yang ada di dus dan bodi ponsel, dan untuk lebih jelasnya kamu bisa mengunjungi web resmi tentang IMEI di www.numberingplans.com, coba masukkan kode IMEI kamu dan cocokkan jika sama, maka ponsel kamu sudah terjamin keasliannya. Dan terakhir kode IMEI juga berguna jika ponsel kamu hilang loh, kamu dapat meminta provider jaringan untuk memblokir kode IMEI-nya dan dapat dipastikan ponsel kamu yang hilang tidak dapat berfungsi sebagaimana mestinya.

Nah, itulah tadi kode-kode dan shortcut penting yang sebaiknya kamu ketahui, sehingga kamu tidak akan kesulitan di saat membutuhkannya, jika bermanfaat jangan lupa share pengalaman kamu di kolom komentar di bawah ini ya.


      

Artikel Terkait

Previous
Next Post »